Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rakor Persiapan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif di Kabupaten Bangka Barat

Berita Image Kegiatan

1. MOU Bidang Perdata dan Tata Udaha Negara

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Dr. Neva Sari Susanti, SH,M.Hum pada Kamis tanggal 11 April 2019 melaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat.

Dari Bawaslu Kab. Bangka Barat penandatanganan tersebut langsung dilakukan oleh ketua Bawaslu Kab. Bangka Barat yaitu Bapak Rio Febri Fahlevi, SH.

Kegiatan tersebut dilaksanakam di Kejaksaan Negeri Bangka Barat guna memberikan penanganan yang optimal terhadap setiap permasalahan Hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang terjadi pada Bawaslu Kab. Bangka Barat. Dalam Nota Kesepakatan tersebut Kejaksaan Negeri Bangka Barat akan melaksanakan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hikum lainnya.

2. MOU Sekolah Demokrasi

Dihari yang sama yaitu Kamis tanggal 11 April 2019 dilanjutkan dilaksanakan Nota Kesepakatan antara Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Bawaslu Kab. Bangka Barat, Kapolres Kab. Bangka  Barat dan disaksikan oleh Bupati Bangka Barat, Dandim, Ketua DPRD Kab. Bangka Barat, Ketua Pengadilan Negeri Muntok dan Ketua Pengadilan Agama.

MOU ini tentang Sekolah Demokrasi. Sekolah Demokrasi ini digagas oleh Ketua Bawaslu Kab. Bangka Barat guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi calon pemilih muda (generasi milenia) untuk mengetahui cara berdemokrasi, memahami demokrasi dan membangun demokrasi yang baik.

Diharapkan dengan  Sekolah Demokrasi ini nantinya dapat dijadikan ektrakurikuler di tiap sekolah. Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Polres Bangka Barat dan Bawaslu akan menjadi narasumber atau pengajar dalam Sekolah Demokrasi.

 

3. Rakor Persiapan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif di Kabupaten Bangka Barat

Penandatanganan Nota Kesepakatan Sekolah Demokrasi ini dilaksanakan bersama dengan Kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan PemiluPresiden dan Pemilu Legislatif di Kabupaten Bangka Barat.

Rakor tersebut dihadiri oleh Bupati Kab. Bangka Barat, Ketua DPRD Kab. Bangka Barat, perwakilan dari Polres Bangka Barat, Ketua Pengadilan Negeri Muntok, Dandim, Ketua Pengadilan Agama dan Ketua KPU.

Dalam Acara Tersebut peserta oleh OPD, Kepala Desa, dan Lurah se Kabupaten Bangka Barat, Camat se Kabupaten Bangka Barat.

Disampaikan oleh KPU bahwa ada 660 pemilij baru yang pindah ke Kabupaten Bangka Barat. KPU mengiginkan Kepala Desa dan Camat membantu untuk menyiapkan sarana prasarananya untuk kegiatan pemilu dan untuk menyiapkan tempat penyimpanan logistik pemilu yang akan dikirim H-1 ke tiap-tiap TPS.

Dari Polres menyampaikan bahwa siap melakukan pengamanan untuk 1 TPS 1 Polisi ditambah 5 linmas. Pihak Polres juga memetakan daerah-daerah rawan dan potensi-potensi kerawanan yang terjadi pada saat pemilihan dan penghitungan suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *